Home > Khazanah

Mimpi Mandi, Bersyukurlah! Berikut 6 Arti dan Maknanya

Orang-orang Yunani dan Romawi secara khusus membangun pemandian umum yang dikenal sebagai "thermae".
Mandi (ilustrasi). Sumber:Pixabay.com
Mandi (ilustrasi). Sumber:Pixabay.com

SUKABUMIKINI.COM -- Mandi atau bersiram merupakan aktivitas rutin yang dilakukan sehari-hari. Mandi tak sekadar membasuh tubuh dari kepala sampai kaki menggunakan air.

Ternyata, aktivitas ini juga memiliki tujuan tertentu. Ya, ada mandi untuk kebersihan pribadi, namun juga ada bertujuan untuk ritual keagamaan serta tujuan terapeutik serta rekreasi.

Berdasarkan catatan sejarah, praktik mandi telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Di zaman kuno, mandi bukan hanya tentang kebersihan, tetapi juga tentang spiritualitas dan kesehatan.

Peradaban Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi masyhur dengan budaya mandi khasnya masing-masing. Bahkan, orang-orang Yunani dan Romawi secara khusus membangun pemandian umum yang dikenal sebagai "thermae". Di tempat itu, masyarakat dapat berkumpul, bersosialisasi, dan meremajakan diri.

Dalam Alquran, ada beberapa ayat yang menyebutkan tentang mandi, terutama dalam konteks thaharah (kesucian). Mandi dalam konteks ini sering kali merujuk pada mandi wajib yang dilakukan setelah junub (berhubungan seksual), haid, nifas, atau situasi lainnya yang memerlukan pembersihan diri sebelum melaksanakan ibadah tertentu. Misalnya dalam Surah Al-Baqarah [2] ayat 222.

Lalu, apa arti dan makna mandi dalam mimpi? Bermimpi tentang mandi memiliki arti dan makna tersendiri. Nah, jika Anda bermimpi mandi bersyukurlah. Ada sejumlah arti dan makna yang baik dari mimpi mandi.

Berikut arti dan makna mimpi mandi menurut Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam”.

1. Mandi dalam mimpi berarti melunasi utang-utang.

2. Menghapuskan rasa takut atau tekanan jiwa.

3. Lepas dari penjara.

4. Melakukan ibadah haji.

5. Pulih dari sebuah penyakit.

6. Jika seseorang mencukur rambutnya sambil mandi dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan kehilangan harta kekayaannya atau berdusta kepada istrinya. (*)

× Image