Home > Kabar

Pembangunan Fasilitas Sanitasi Lingkungan Terus Digencarkan di Sukabumi

Upaya ini dalam mencegah warga buang air besar sembarangan.
Sarana sanitasi di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.
Sarana sanitasi di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

SUKABUMIKINI.COM--Proses pembangunan fasilitas sanitasi terus digencarkan di berbagai kelurahan Kota Sukabumi. Langkah ini dalam menggaungkan gerakan stop buang air besar sembarangan atau ODF.

Upaya ini misalnya dilakukan di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole. Hal tersebut disampaikan oleh fasilitator Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, Enis Maryance, ketika bersama aparatur kelurahan dan kelompok swadaya masyarakat, melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan Selasa (3/9/2024).

'' Pembangunan fasilitas sanitasi yang saat ini tengah dikerjakan adalah septic tank komunal yang ditempatkan di dua wilayah yakni RW 6 dan 8, dengan total septic tank komunal yang dibangun adalah sebanyak lima unit,'' ujar Enis. Ia mengharapkan seluruh pembangunan bisa dirampungkan pada bulan Oktober mendatang.

Sekretaris Kelurahan Subang Jaya, Muldan Kamiswara mengatakan, setiap septic tank komunal bisa digunakan untuk menampung limbah dari 10 unit rumah. Adapun tujuan dari pembangunan ini adalah meningkatkan kualitas kesehatan warga dan mewujudkan wilayah Open Defecation Free.

“ Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan warga, terutama pembuangan limbah manusia tidak ke selokan,'' ungkap Muldan. Dengan adanya program ini untuk meningkatkan angka kebersihan juga. Kami akan terus mengawasi pembangunan ini. Riga Nurul Iman

× Image