Home > Kabar

Sukabumi Gaungkan Komitmen Bentuk Kelurahan Bersih dari Narkoba

Akan dibentuk Kelurahan Bersinar di tiga kecamatan Kota Sukabumi yaitu Cikole, Cibeureum dan Lembursitu.
Momen pengambilan sampel urin dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di Pemkot Sukabumi, Kamis (26/9/2024).
Momen pengambilan sampel urin dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di Pemkot Sukabumi, Kamis (26/9/2024).

SUKABUMI--Pemkot Sukabumi menggencarkan pembentukan kelurahan bersih narkoba atau Kelurahan Bersinar. Langkah ini bagian dari pencegahan penyebaran peredaran narkoba di wilayah Sukabumi.

Hal ini ditandai dengan upaya Bagian Pemerintahan Setda Pemkot Sukabumi bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi, menggelar rapat koordinasi pembentukan Kelurahan Bersinar (Bersih Dari Narkoba) di Kota Sukabumi. Rapat yang diadakan di Balai Kota pada Kamis (26/9/2024) tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

'' Salah satu tujuan dari diadakannya rapat ini adalah memperkuat komitmen para camat dan lurah untuk membentuk Kelurahan Bersinar diwilayahnya masing-masing,'' ujar Kepala Bagian Pemerintahan Setda Pemkot Sukabumi Ratna Hermayanti. Sehingga dapat mencegah peredaran narkoba di Sukabumi.

Keberadaan Kelurahan Bersinar ini kata Ratna menjadi salah satu ikhtiar dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di wilayah. Khususnya dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi, Sudirman menerangkan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba merupakan tanggung jawab seluruh pihak, bukan hanya aparat penegak hukum. Ia berharap melalui rapat ini para camat dan lurah semakin mengintensifkan pelaksanaan berbagai program untuk mencegah penyalahgunaan narkoba diwilayahnya masing-masing.

“ Angka penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar secara nasional memang menurun. Tapi secara kualitas dan kuantitasnya ada peningkatan, terutama diwilayah perkotaan,'' kata Sudirman. Pemberantasan penyalahgunaan narkoba menjadi tanggung jawab semua pihak, kalau pemidanaan memang masalah Polri, tetapi narkoba bukan hanya masalah pidana tapi juga masalah moral.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dalam sambutannya mengatakan, dalam melaksanakan komitmen pemberantasan penyalahgunaan narkoba, akan dibentuk Kelurahan Bersinar di tiga kecamatan yaitu Cikole, Cibeureum dan Lembursitu. Melalui program Kelurahan Bersinar, masyarakat akan diberikan edukasi dan pendampingan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Sukabumi bersama para camat dan lurah pun menyempatkan diri untuk mengikuti tes urin yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi. Riga Nurul Iman

× Image