Home > Kabar

Puluhan Rumah di Warungkiara Sukabumi Rusak Diterjang Angin Kencang

Pada waktu itu wilayah tersebut dilanda hujan deras yang disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.
Salah satu bangunan rusak akibat bencana angin kencang di Kecamatan Warungkiara. Kabupaten Sukabumi, Ahad (29/9/2024) sore. Dok BPBD Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI--Bencana angin kencang melanda sejumlah desa di Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Ahad (29/9/2024) sore. Dampaknya, sebanyak 58 unit rumah warga mengalami kerusakan.

Data dari Pusdalops, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana tersebut terjadi pada Ahad sekitar pukul 15.00 WIB. Pada waktu itu wilayah tersebut dilanda hujan deras yang disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.

'' Data sementara ada sebanyak 52 unit rumah rusak ringan dan enam unit rumah rusak sedang,'' ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna, Senin (30/9/2024). Kerusakan rumah akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

Lokasi kejadian kata Daeng, tersebar di empat desa Kecamatan Warungkiara yakni Desa Warungkiara, Sirnajaya, Sukaharja, dan Desa Damarraja. Dalam peristiwa itu hujan yang disertai angin kencang menyebabkan banyak pohon tumbang menutup akses jalan kabupaten dan jalan desa serta sebagian menimpa rumah penduduk.

Misalnya sebanyak tiga unit rumah di Kampung Warungkiara RT 01 RW 01 Desa Warungkiara yakni satu unit rusak sedang dan dua unit rusak ringan. Berikutnya di Kampung Simpenan RT 02 RW 07 pohon menimpa saluran listrik tegangan tinggi dan perumahan karyawan PTPN Cibungur.

'' Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut,'' ungkap Daeng. Kini petugas BPBD melakukan assessment ke lokasi kejadian dan berkoordinasi untuk penanganan bersama pemerintah Desa Sirnajaya, Warungkiara, Sukaharja dan Damarraja

Daeng menuturkan, kebutuhan yang mendesak yakni penanganan pohon tumbang dan perbaikan rumah tinggal. Harapannya, upaya penanganan bisa dilakukan dengan maksimal. Riga Nurul Iman

× Image