Home > Kabar

DPRD Kota Sukabumi Resmi Punya Ketua Baru dari Fraksi PKS

Meskipun pimpinan DPRD bersifat kolektif kolegial, namun keberadaan pimpinan DPRD tersebut terutama Ketua DPRD sangatlah penting dan startegis.
Pimpinan DPRS Kota Sukabumi resmi dilantik, Selasa (15/10/2024).
Pimpinan DPRS Kota Sukabumi resmi dilantik, Selasa (15/10/2024).

SUKABUMI--Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kota Sukabumi Masa Jabatan 2024- 2029 Kantor DPRD Kota Sukabumi di Kantor DPRD Kota Sukabumi, Selasa (15/10/2024). Dalam momen itu dilantik Ketua DPRD Kota Sukabumi Wawan Juanda ¹(Fraksi PKS) dan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Rojab Asyari (PDIP).

Sementara satu orang Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi lainnya Yunus Suhandi (Golkar) tidak dapat dilantik karena meninggal dunia pada 1 Oktober 2024 lalu. Proses pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan Penjabat Gubenur Jabar (Pj) tentang Peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kota Sukabumi 2024-2029.

Dalam momen itu hadir pula unsur forkopimda Kota Sukabumi, Pj Ketua TP PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti, dan pejabat di lingkup Pemkot Sukabumi. '' Dalam kesempatan yang baik ini terlebih dahulu izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya sahabat kita H Yunus Suhandi tang pada tanggal 1 Oktober 2024 kemarin telah meninggalkan kita semua,'' ujar Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengawali sambutannya.

Ia mengajak marilah sama sama kirimkan doa agar beliau mendapatkan nikmat kubur dan diberikan balasan syurganya Allah SWT. Sebagai Pj Wali Kota dan pribadi Kusmana menyampaikan selamat selamat kepada Wawan Juanda sebagai Ketua dan Rojab Asyari sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi masa bakti 2024 2029. Doa dan harapan terbaik kami sampaikan, semoga dapat memikul tanggung jawab ini dengan amanah dan bersama sama Pemda Kota Sukabumi serta seluruh komponen masyarakat dapat mencurahkan segenap pikiran, tenaga dan potensi dirinya untuk kemajuan dan pembangunan Kota Sukabumi.

Kusmana mengajak kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat untuk bersama Pemda dapat bekerja sama secara lebih harmonis dan mampu mengatasi berbagai masalah maupun perbedaan secara efektif dan efisien. Sebab, memang tidak mungkin menghindari perbedaan, namun marilah kita jadikan perbedaan sebagai suatu Rahmat dariNya, bukan jalan menuju jurang perpecahan.

'' Saya yakini benar, apabila orientasi kita adalah sama yaitu bagaimana memberikan kontribusi pada upaya mencapai tujuan nasional,'' jelas Kusmana. Khususnya melalui upaya mewujudkan warga Kota Sukabumi yang sejahtera lahir batin dan memiliki akses lebih baik di masa depan.

Oleh karena itu Kusmana mampaikan semangat Whole Of Government yang memiliki arti bahwa pembangunan daerah secara menyeluruh haruslah dilaksanakan oleh seluruh element penting dalam pemerintahan. Tidak lagi berorientasi pada Agile Organization tetapi selangkah lebih maju yakni mewujudkan bagaimana kolaborasi, koordinasi dan integrasi ini dijalankan oleh seluruh unsur pemerintahan, baik itu eksekutif, yudikatif maupun legislatif.

'' Sekat-sekat ego sektoral yang selama ini menjadi pengikat kegagalan pembangunan haruslah bisa kita singkirkan dengan semangat kebersamaan membangun Kota Sukabumi berdasarkan Local Wisdom yang dimiliki,'' ungkap Kusmana. Karena dengan demikian, pembangunan daerah ini akan terasa lebih ringan, dinikmati dan benar benar menghasilkan perubahan yang diharapkan oleh masyarakat Kota Sukabumi.

Meskipun pimpinan DPRD bersifat kolektif kolegial lanjut Kusmana, namun keberadaan pimpinan DPRD tersebut terutama Ketua DPRD sangatlah penting dan startegis. Ketua DPRD bersama Wakil Ketua berperan dalam memimpin sidang sidang DPRD untuk mengambil berbagai keputusan yang strategis. Sebagai wujud representasi seluruh anggota DPRD kata Kusmana Ketua DPRD juga akan banyak mewakili institusi DPRD dalam seluruh kerja kerja sosial kemasyarakatan, menjadi konduktor seluruh anggota DPRD dalam menyelenggarakan pemerintahan di daerah bersama sama dengan kepala daerah, dan juga menjalankan berbagai agenda resmi kenegaraan.

Maka daripada itu, peran penting dari Ketua dan Wakil iniliah yang harus menjadi perhatian bersama. Semangat pembangunan yang bersama diatas, akan mudah diwujudkan apabila ketua dan wakil ketua mampu memainkan harmonisasi yang baik dalam memimpin DPRD Kota Sukabumi.

Kusmana menuturkan, untuk memimpin Lembaga Perwakilan Rakyat tentunya bukanlah perkara gampang dan sederhana. Selain harus mampu mengkoordinasikan seluruh anggota DPRD yang beraneka warna dalam pandangan dan sikap politiknya, Ketua DPRD juga harus menjadi sosok terdepan dalam menjaga marwah DPRD sebagai lembaga demokrasi yang mampu mengakomodasi berbagai aspirasi masyarakat termasuk mampu memperjuangkan kepentingan daerah dalam konstelasi dinamika pembangunan nasional.

'' Kami mohon dukungan seluruh warga agar dapat menjalankan amanah denga sebaik-baiknya dalam mendukung kinerja DPRD,'' kata Ketua DPRD Kota Sukabumi Wawan Juanda. Kepada pj wali kota dan jajaran pemda mengharapkan dapat membangun kemitraan sinergitas dan bagi angota DPRD kuatkan kinerja baik fungsi legislatif, anggaran dan pengawasan dalam mempercepat pencapaian visi dam misi Kota Sukabumi. Riga Nurul Iman

× Image