Home > Kabar

BPBD Kota Sukabumi Gencarkan Mitigasi Bencana Sejak Dini ke Anak TK

Mitigasi bencana ini ditujukan ke anak-anak sejak dini.
Simulasi mitigasi bencana di salah satu TK di Sukabumi.
Simulasi mitigasi bencana di salah satu TK di Sukabumi.

SUKABUMI--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi saat ini tengah gencar melakukan kegiatan mitigasi bencana ke berbagai sekolah. Langkah ini dalam mengantisipasi gempa Megathrust termasuk ke anak-anak TK.

'' Satuan Tugas Penanggulangan Bencana BPBD Kota Sukabumi menjadi pemateri mitigasi bencana untuk memberikan edukasi kebencanaan usia dini,'' ujar Koordinator Lapangan BPBD Kota Sukabumi, Yudi Kristianto, Rabu (16/10/2024). Misalnya yang terakhir ke anak-anak di TKIT Al-Matuq Sukabumi.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran yang diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 'Dalam kegiatan tersebut, para pelajar dan mahasiswa diberikan wawasan tentang megathrust serta beberapa jenis bencana yang bisa terjadi akibat gempa bumi.

Selain itu kata Yudi, dilakukan pula simulasi langkah antisipasi jika terjadi bencana gempa bumi. BPBD Kota Sukabumi menargetkan kegiatan ini bisa dilaksanakan diseluruh lembaga pendidikan.

Intinya lanjut Yudi, sosialisasi dilaksanakan terkait isu Megatrust dan ada instruksi untuk mengantisipasi gempa megathrust di wilayah Jabar. '' Sehingga dalam bebberapa hari melakukan simulasi dan sosialisasi di beberapa sekolah,'' imbuhnya.

Menurut Yudi, sekolah yang sudah digelar sosialisasi yakni SMKN 1 Sukabumi, SMA Adzkia, dan Stikes. Ke depan, sosialisasi akan terus dilakukan. Riga Nurul Iman

× Image