Home > Kabar

Gaungkan Literasi, Ratusan Generasi Muda di Sukabumi Dilatih Menulis Sambil Tamasya

Target dari kegiatan ini adalah diterbitkannya buku sama seperti tahun yang lalu.
Pemateri sekaligus penggiat Sukabumi Sukabuku Dila Novianti memberikan materi dalam Tamasya Literasi Sukabumi Sukabuku di Kawasan wisata Santa Sea Waterpark Kota Sukabumi, Selasa (20/8/2024).
Pemateri sekaligus penggiat Sukabumi Sukabuku Dila Novianti memberikan materi dalam Tamasya Literasi Sukabumi Sukabuku di Kawasan wisata Santa Sea Waterpark Kota Sukabumi, Selasa (20/8/2024).

SUKABUMI--Berbagai cara dilakukan untuk menumbuhkan semangat literasi di kalangan generasi muda. Hal ini tergambar dalam kegiatan Tamasya Literasi yang digagas Komunitas Sukabumi Sukabuku dengan menggandeng pengelola wisata Santa Sea Waterpark Sukabumi, Selasa (20/8/2024).

Dalam momen tersebut ada sebanyak 138 orang peserta yang terdiri dari pelajar SMA, mahasiswa, guru dan dosen mengikuti kegiatan tamasya literasi. '' Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat literasi generasi muda terutama bagi penulis pemula,'' ujar Ketua Sukabumi Sukabuku, Ratna Istianah di kawasan wisata Santa Sea Waterpark Sukabumi, Selasa.

Target dari kegiatan ini adalah diterbitkannya buku sama seperti tahun yang lalu. Dalam buku itu memuat berbagai informasi mengenai Kota Sukabumi yang rencananya akan diluncurkan pada awal bulan Januari 2025.

Tema kegiatan ini lanjut Ratna, yakni tamasya literasi Sukabumi sukabuku di Santa Sea. Para peserta nantinya akan menulis tentang Sukabumi baik kuliner, sejarah dan tempat wisata serta cerita cinta di Sukabumi.

Pada kegiatan ini terang Ratna, disampaikan beberapa materi bagi peserta. Misalnya seperti tips menulis buku dan manajemen reference tool. Diharapkan ungkap Ratna, kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan literasi dikalangan pelajar.

“ Kami akan membuat buku bersama, seperti yang dilakukan tahun lalu. Program hari ini adalah kita menulis Kota Sukabumi dari mulai kuliner, sejarah maupun kisah lainnya,'' katanya

Penggiat Sukabumi Sukabuku sekaligus tim rilis Dokpim Pemkot Sukabumi Dila Novianti berharap para generasi muda mempunyai semangat literasi. Khususnya, mau membaca buku dan menulis buku.

'' Saya mengikuti kegiatan ini untuk mendapatkan berbagai wawasan terkait pengembangan kemampuan literasi,'' ujar salah satu peserta tamasya literasi, Razki Aidil Fitri yang merupakan mahasiswa STAI Almasthuriyah Sukabumi. Di momen itu ia menerima beberapa materi diantaranya cara menulis cerita fiksi dan berita.

Selain itu dilatih menulis bio narasi dan menulis cerita fiksi, termasuk cara menulis berita. Intinya, Razki ingin menjadi seorang penulis.

'' Saya ingin bisa menulis dan ikut kegiatan menulis,'' kata peserta lainnya dari SMK Hassina, Valen. Ia berharap kegiatan ini bisa terus digencarkan di Sukabumi. Riga Nurul Iman

× Image