Home > Kabar

Bangkitkan Ekonomi Kreatif, Sukabumi Gagas Event Pesona Swarga Bumi

Event tersebut merupakan inovasi dari Dekranasda Kota Sukabumi didukung penuh Pegadaian dan sponsor.
Pembukaan Pesona Swarga Bumi di Museum Pegadaian Kota Sukabumi, Sabtu (31/8/2024).
Pembukaan Pesona Swarga Bumi di Museum Pegadaian Kota Sukabumi, Sabtu (31/8/2024).

SUKABUMI--Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sukabumi bekerjasama dengan PT Pegadiaian menggelar event Pesona Swarga Bumi di Museum Pegadaian Kota Sukabumi, Sabtu (31/8/2024). Momen ini dalam membangkitkan ekonomi kreatif seperti batik lokal agar makin berkembang.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut diwarnai dengan fashion show batik lokal Kota Sukabumi yang diproduksi UKM dan IKM. Pesona Swarga Bumi digelar selama dua hari yakni 31 Agustus dan 1 September 2024 di Kantor Pegadaian Kota Sukabumi.

'' Kegiatan ini dalam membangkitkan ekonomi, salah satunya menumbuhkan para UKM, IKM, dan pengrajin ekonomi kreatif,'' kata Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji yang didampingi Pj Ketua Dekranasda Kota Sukabumi Diana Rahesti disela-sela pembukaan Pesona Swarga Bumi. Event tersebut merupakan inovasi dari dekranasda didukung penuh Pegadaian dan sponsor.

Pesono Swarga Bumi ini juga terang Kusmana, menjadi salah satu momentum cukup baik khususnya bagi Pegadaian yang mempunyai museum dengan nilai sejarah tersendiri. Di mana, berdirinya Pegadaian diawali dari Kota Sukabumi sehingga dapat menjadi destinasi wisata untuk edukasi mulai pelajar dan warga lainnya.

'' Melalui kegiatan ini Pegadaian bukan hanya BUMN dalam mengembangkan ekonomi, namun berperan dalam pengembangan IKM dan UMKM,'' ungkap Kusmana. Sebelumnya, ada coaching klinik para pengrajin dilatih dulu dan bisa menampilkan batik.

Bahkan, lanjut Kusmana, dekranasda telah melahirkan batik khas lokal Kota Sukabumi. Intinya, bukan hanya pemkot tapi BUMN bergerak dalam bentik kolaborasi karena anggaran pemda terbatas. Dengan dukungan berbagai pihak dan sinergitas berbagai komunitas bisa membuat pertumbuhan ekonomi daerah.

'' Kami bekerjasama dengan Dekranasda Kota Sukabumi karena ingin mengenalkan UMKM ke masyarakat,'' ujar Deputi Bisnis Area Bandung I Pegadaian, Suhadi. Sebab, selain mengenalkan keberadaan Pegadaian, harapannya mendorong UMKM tumbuh bagus dan dikenal secara luas.

Suhadi menuturkan, event ini kolaborasi yang luar biasa dan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Targetnya, bisa berkelanjutan karena memberikan dampak positif.

'' Bila UMKM tumbuh bagus, maka warga Sukabumi secara tingkat ekonomi naik dan kota Sukabumi tumbuh,'' ungkap Suhadi. Akibatnya, Pegadaian akan terdampak dengan adanya program kredit usaha rakyat untuk membantu UMKM.

'' Event Pesona Swarga Bumi bertujuan untuk mendorong kemajuan industri fashion di Kota Sukabumi,'' ujar Ketua Panitia Pesona Swarga Bumi. Acara ini juga merupakan kelanjutan kegiatan coaching clinic Desain dan Produksi Busana Siap Pakai yang diadakan oleh Dekranasda beserta PT Pegadaian pada Juni lalu.

Menurut Fuji, Kota Sukabumi ini banyak sekali event kuliner namun fashion belum ada. Sehingga, Dekranasda berkolaborasi dengan PT Pegadaian membuat kegiatan coaching clinic yang melahirkan 16 orang desainer.

'' Produk dari para desainer itu ditampilkan berkolaborasi dengan BUMN yang ada di Kota Sukabumi,'' kata Fuji. Event selama dua hari tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba memasak, lomba rancang aksesoris, lomba musik tradisional dan lomba kreasi video.

Pesona Swarga Bumi akan dimeriahkan pula dengan bazar UMKM dan beauty class. Informasi selengkapnya mengenai event ini bisa didapatkan melalui link yang tertera di akun Instagram @dekranasda_kotsi.

'' Salah satu harapan dengan diadakannya Pesona Swarga Bumi adalah munculnya produk unggulan yang bisa dijadikan ciri khas daerah,'' ungkap Fuji. Selain itu munculnya UMKM yang memiliki talenta dan bisa menghasilkan produk kerajinan untuk bisa dibanggakan mewakili Sukabumi. Riga Nurul Iman

× Image