Home > Kabar

Sukabumi Gencarkan Pelatihan Kewirausahaam ke UMKM

Dalam menjalankan ataupun menciptakan suatu usaha, seorang wirausahawan wajib memiliki bekal pengetahuan yang cukup.
Para pelaku UMKM tengah mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar Diskumindag Kota Sukabumi, Kamis (19/9/2024).
Para pelaku UMKM tengah mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar Diskumindag Kota Sukabumi, Kamis (19/9/2024).

SUKABUMI--Pemkot Sukabumi melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) menggencarkan pelatihan Kewirausahaan bagi pelaku UMKM di Hotel Balcony, Kamis (19/9/2024). Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah pusat dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan UMKM yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

'' Pelatihan ini penting karena para pelaku UMKM bisa mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi peluang bisnis, mengelola risiko, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif,'' ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji yang hadir dalam penutupan pelatihan. Dalam momen tersebut hadir Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawam Gunawan.

Pelatihan kewirausahaan juga terang Kusmana, memberikan wawasan tentang bagaimana mengelola sumber daya dengan baik. Termasuk keuangan, waktu, dan tenaga kerja para peserta pelatihan.

Kusmana mengatakan, dalam menjalankan ataupun menciptakan suatu usaha, seorang wirausahawan wajib memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Hal ini agar usaha yang dijalankannya berjalan lancar, dan mampu mengatasi permasalahan yang muncul pada saat usaha ini berjalan.

" Kewirausahaan akan selalu berkaitan dengan ekonomi, maka ketika sudah berwirausaha, maka secara langsung sudah berperan dalam pertumbuhan ekonomi, baik itu dalam skala daerah atau nasional," kata Kusmana. Untuk menjadi seorang wirausaha, maka kita harus memiliki karakteristik kewirausahaan.

Karakteristik ini lanjut Kusmana, sangat diperlukan karena akan memudahkan seseorang dalam mewujudkan usaha yang akan dibangunnya. Karakteristik wirausaha diantaranya, disiplin yang dimaksud dengan disiplin adalah keteraturan dalam menjalankan usaha.

Kedua terang Kusmana, jujur sikap kejujuran merupakan sikap yang sangat penting dimiliki oleh seorang wirausaha agar masyarakat atau orang lain bisa percaya dan yakin dengan usaha yang kita jalani. Ketiga mandiri kemandirian seorang wirausaha adalah kemampuan untuk mengandalkan diri sendiri dalam upaya untuk meciptakan lapangan kerja baru tanpa harus bergantung dengan orang.

Keempat inovatif perkembangan zaman akan terus berubah, sehingga kebutuhan dan keinginan konsumen akan ikut berubah juga.

Ke lima kata Kusmana, memiliki komitmen yang tinggi komitmen dalam berwirausaha dapat didefinisikan sebagai suatu keterikatan diri yang sangat kuat dalam melakukan sesuatu tanggungjawab untuk mempertahankan usaha dalam kondisi apapun.

" Dari kegiatan ini, saya harapkan para peserta untuk dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaikbaiknya. Ia meyakini semua yang hadir pada kesempatan ini memiliki pemikiran yang sama untuk meningkatkan kemampuan, kreatifitas, kerja keras dan inovasi dalam berusaha.

Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan mengatakan, diskumindag terus menggencarkan pelatihan kewirausahaan. Langkah tersebut sebagai bentuk perhatian pada sektor UMKM. Riga Nurul Iman

× Image