Home > Edukasi

Dorong Generasi Unggul, Ratusan Pelajar di Sukabumi Peroleh Beasiswa Berprestasi

Program Beasiswa Berprestasi diberikan kepada 552 pelajar jenjang SD dan SMP yang tersebar di 5 desa Kabupaten Sukabumi.
Penyerahan beasiswa berprestasi kepada warga di lima desa Kabupaten Sukabumi dari SCG.
Penyerahan beasiswa berprestasi kepada warga di lima desa Kabupaten Sukabumi dari SCG.

SUKABUMI--Sebanyak 552 orang pelajar berprestasi tingkat SD dan SMP di lima desa Kabupaten Sukabumi mendapatkan beasiswa berprestasi. Penyaluran beasiswa ini dilakukan SCG, melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi. Lima desa di Kabupaten Sukabumi yang warganya mendapatkan beasiswa itu yakni Desa Kebonmanggu, Sirnaresmi, Tanjungsari, Wangunreja, dan Sukamaju.

Penyerahan beasiswa diselenggarakan dari 17-19 September dan dilanjutkan pada tanggal 23-24 September 2024 di Kantor Desa kelima desa. '' Tahun ini, program Beasiswa Berprestasi mengusung tema “Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan untuk Indonesia Emas”,'' ujar Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Peramas Wajananawat dalam keterangan persnya, Jumat (27/9/2024). Hal ini sebagai upaya Perusahaan mewujudkan generasi unggul berdaya saing tinggi yang siap menjadi bagian dari generasi yang mewujudkan Indonesia Emas 2045.

SCG kata Peramas, ingin tumbuh bersama masyarakat dan menjadi bagian dari terbentuknya generasi unggul untuk Indonesia emas. Tema kewirausahaan diangkat karena wirausaha tidak hanya berbicara tentang bisnis dan keuntungan, lebih dari itu, juga menumbuhkan pola pikir kreatif yang berorientasi pada solusi.

'' Kami berupaya memupuk mindset ini pada para pelajar sejak dini agar kelak mereka menjadi generasi unggul yang aktif membawa Indonesia menjadi negara yang tangguh, mandiri, dan inklusif,'' ungkap Peramas. Ia percaya bahwa pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan berkelanjutan.

Tahun ini lanjut Peramas, program Beasiswa Berprestasi diberikan kepada 552 pelajar jenjang SD dan SMP yang tersebar di 5 desa Kabupaten Sukabumi yang berada di sekitar area operasi perusahaan. Rinciannya, sebanyak 104 pelajar Desa Kebonmanggu, 124 pelajar Desa Sirnaresmi, 127 pelajar Desa Sukamaju, 87 pelajar Desa Wangunreja, serta 110 pelajar Desa Tanjungsari.

Selain dana pendidikan terang Peramas, pelajar pun dibekali dengan pembekalan karakter melalui sesi inspiration Talk. Di mana, perusahaan menggandeng Intan Seliyawati, pengusaha muda asal Sukabumi, dan Ilham Novriansyah, pengajar dan pegiat pendidikan tingkat Sekolah Dasar, untuk memotivasi para pelajar dalam melihat potensi di sekitar mereka dan menumbuhkan mental wirausaha.

Kepala Desa Kebonmanggu, Rasnita mengatakan, setiap tahunnya, SCG selalu mendukung berbagai program pemberdayaan di desanya. Salah satunya melalui program Beasiswa Berprestasi yang telah berhasil memotivasi para pelajar di desa untuk giat belajar dan berkontribusi, serta meningkatkan prestasi akademis dan non-akademisnya.

'' Program Beasiswa Berprestasi, yang adalah bagian dari program pemberdayaan masyarakat perusahaan di bawah pilar pendidikan, telah dijalankan setiap tahun sejak tahun 2019,'' cetus Peramas. Tercatat telah berkontribusi membuka akses pendidikan bagi 3.121 pelajar berprestasi sampai tahun 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sukabumi Gungun Gunardi, menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi selaku anak perusahaan SCG di Sukabumi yang telah menerapkan prinsip berkelanjutan. Khususmya, dalam menjalankan setiap programnya yang diintegrasikan dengan rencana kerja pemerintah desa sehingga kolaborasi ini dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul menuju tercapainya Indonesia Emas 2045.

Salah satu penerima Beasiswa Berprestasi, Putri Ayu Kusuma (14 tahun) mengungkapkan, ia telah menjadi penerima Beasiswa Berprestasi sejak SD hingga kini duduk di tingkat SMP. Setiap tahunnya, Beasiswa Berprestasi juga menggelar sesi Inspiration Talk yang tidak hanya mendorongnya untuk giat belajar demi meningkatkan prestasi akademis, tapi juga menggali potensi untuk pengembangan diri dan karakter yang akan bermanfaat bagi komunitas dan lingkungan. Riga Nurul Iman

× Image