Home > Kabar

Bawaslu Usut Dugaan Bagi-Bagi Uang Dalam Kampanye Paslon Wali Kota di Sukabumi

Dugaan pelanggaran terkait money politik, dan kampanye di tempat ibadah.
Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah (menggunakan topi-red) saat memberikan keterangan kepada wartawan, Sabtu (28/9/2024).
Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah (menggunakan topi-red) saat memberikan keterangan kepada wartawan, Sabtu (28/9/2024).

SUKABUMI--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi mengusut dugaan kampanye pasangan calon (paslon) wali kota Sukabumi di tempat ibadah yang diwarnai dengan aksi membagi-bagikan uang. Hal ini menyikapi adanya laporan terkait laporan pelanggaran pidana pemilu kepada Bawaslu.

Informasi yang diperoleh, dugaan kampanye di tempat ibadah dan money politik ini terjadi di Masjid Al Jihad Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi pada 24 September 2024 lalu. Hal itu dikabarkan dihadiri oleh paslon wali kota Sukabumi nomor tiga yakni Mohamad Muraz-Andri Hamami.

'' Kami Bawaslu Kota Sukabumi menerima laporan terkait dengan dugaan pelanggaran pidana pada pemilihan pada 27 September 2024,'' ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah kepada wartawan di Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Sukabumi, Sabtu (28/9/2024). Selanjutnya sudah dilakukan pemeriksaan terhadap syarat formil dan materil terkait dugaan pelanggaran tersebut serta meregister laporan itu lalu dibahas di Gakkumdu.

Menurut Firman, kali ini merupakan hari kedua pemeriksaan. Di mana, pada pemeriksaan hari pertama berkaitan dengan pelapor dan saksi pelapor dan hari kedua sampai dengan hari selanjutnya akan terus dilakukan.

Sebab lanjut Firman, untuk proses penanganan pelanggaran pilkada diterapkan H3+2 dan deadline pada 1 Oktober 2024. Sehingga pada tanggal tersebut sudah ada pembahasan akhir bersama gakkumdu.

'' Terkait keterpenuhan bisa dilanjutkan ke penyidikan bisa ataupun tidaknya itu tanggal 1 Oktober,'' ungkap Firman. Karena saat ini belum bisa menyimpulkan apakah itu terpenuhi ataupun tidak masih ada pemeriksaan terhadap saksi yang berkaitan dengan laporan ini.

Firman menuturkan, dugaan pelanggaran yang dilaporkan yakni kampanye di luar jadwal, money politik dan kampanye di tempat ibadah yang akan diperdalam. '' Kalau bersentuhan langsung dengan pasangan calon (bisa gugur-red) tapi kalau dalam klausul dalam pilkada pemberi dan penerima. Kalau tidak terputus di pasangan calon bisa di timnya,'' terang Firman ketika ditanya mengenai sanksi pelanggaran. Ia menerangkan dalam video yang beredar dugaan yang membagikan uang adalah tim paslon. Namun pihaknya belum bisa menyimpulkan terpenuhi atau tidaknya karena masih proses.

'' Sebelum ke langkah yang diambil, kami ingin mengetahui terlebih dulu posisi kasusnya seperti apa,'' kata Tim Advokasi Paslon Wali Kota Sukabumi Muraz-Andri, Angga Perwira kepada wartawan di Sentra Gakkumdu. Makanya tim datang ke Gakkumdu pertama adalah merespon surat yang diberikan ke tim paslon Muraz-Andri.

Angga mengatakan, tim ingin mengetahui posisi kasus di tahapan klarifikasi atau memang ditahapannya seperti apa. '' Karena kalau melihat surat undangan memang ada beberapa hal yang harus kita minta klarifikasi disitu kalimatnya klarifikasi tapi menghadapnya ke gakkumdu,'' jelasnya.

Menurut Angga, tim ingin mengetahui materi muatannya dan peristiwa hukum apa yang di adukan karena belum tahu. Sehingga tim paslon ingin mengetahui sekaligus mengklarifikasi dari bawaslu selaku yang menerima laporan.

Terkait video dugaan membagi-bagikan uang Angga mengaku belum bisa menduga-duga karena fakta hukumnya harus di sampaikan. '' Karena dari pelapor mengadukan ke bawaslu dan di bawaslu ini ada mekanisme internal yang belum tahu makanya ini mau kita tanyakan ke bawaslu,'' katanya.

Lebih lanjut Angga mengatakan, sejauh ini belum ada langkah yang dilakukan tapi tentunya dengan terus mencermati kondisi yang ada hari ini. Intinya, tim akan menganalisa dan mengambil langkah hukum strategis dan apabila ditemukan dalam pencermatan itu terkait peristiwa hukum yang berdampak dugaan pelanggaran hukum maka akan mengambil langkah berikutnya.

'' Kami tim advokasi paslon Fahmi-Dida resmi mendatangi bawaslu beberapa hari lalu untuk melaporkan dugaan kampanye dan money politik Muraz-Andri di tempat ibadah,'' ujar Ketua Tim Advokasi Fahmi-Dida Hendra Bahtiar. Respon bawaslu yakni pelapor diundang untuk klarifikasi laporan dan berikan penjelasan dari video yang diterima yakni dugaan penggiringan opini kepada Muraz-Andri.

Selain itu video dugaan money politik dengan barang bukti amplop dan stiker paslon di dalamnya. Wakil Ketua Tim Advokasi Fahmi-Dida Aa Brata menambahkan, karangan kampanye di rumah ibadah melanggar UU No 1 tahun 2015 dan terkait politik uang di Pasal 73 UU Nomor 10 tahun 2016. Riga Nurul Iman

× Image