Home > Kabar

Amankan Pilkada, Polisi di Sukabumi Gencarkan Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Adegan simulasi pengamanan Pilkada ini khususnya pengamanan demonstrasi masyarakat yang menolak hasil Pilkada di Gedung KPU Kota Sukabumi.
Suasana simulasi sispamkota pengamanan pilkada 2024 yang digelar Polres Sukabumi Kota di Plaza Balai Kota Sukabumi, Rabu (7/8/2024).
Suasana simulasi sispamkota pengamanan pilkada 2024 yang digelar Polres Sukabumi Kota di Plaza Balai Kota Sukabumi, Rabu (7/8/2024).

SUKABUMI--Berbagai cara dilakukan untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah dalam menghadapi pelaksanaan pilkada 2024. Salah satunya ditunjukkan melalui kegiatan simulasi sistem pengamanan (Sispam) Kota dalam rangka mendukung pengamanan Pilkada Tahun 2024, di Balai Kota Sukabumi, Rabu (7/8/2024).

Dalam momen itu tampak ratusan personel gabungan Polres Sukabumi Kota, Brimob Polda Jabar, dan Kodim 0607 Sukabumi serta unsur Satpol PP dan Damkar yang memeragakan berbagai aksi pengamanan. Adegan simulasi pengamanan Pilkada ini khususnya pengamanan demonstrasi masyarakat yang menolak hasil Pilkada di Gedung KPU Kota Sukabumi.

'' Kegiatan ini mengingatkan kembali dulu berhasil mengamankan pemilu, lalu mengapa sekarang tidak,'' ujar Kapolres Sukabumi AKBP Rita Suwadi. Kegiatan tersebut pun untuk mengupdate kemungkinan kerawanan yang terjadi dan jangan underestimate dan dengan ini menunjukkan siap mengamankan pilkada.

Dengan sispamkota kata Rita, dapat melihat dan mendapatkan gambaran situasi yang akan mungkin terjadi dalam pengamanan. Khususnya penangananya seperti apa yang harus dilakukan dalam kondisi kontigensi sesuai denhan ketentuan yang berlaku, sesuai eskalasi dan tahapannya seperti siapa berbuat apa dan kepada siapa.

'' Polres berharap ada sinergitas kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, karena menyadari keamanan itu penting bukan hanya polisi,'' ungkap Rita. Sebab, bila polisi sendiri tidak akan maksimal kalau tidak kerjasama dengan yang lainnya.

Intinya kata Rita, mari sama-sama bahu membahy memelihara situasi kondusif khususnya di wilayah polres. '' Kami berharap agar seluruh penyelenggara pilkada, mari bersama-sama bekerja profesional menaati dan melaksanakan segala ketentuan yang berlaku,'' jelasnya.

Sehingga lanjut Rita, masyarakan akan percaya dan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Melalui kegiatan ini bersepakat Polres Sukabumi Kota siap mengamankan pilkada 2024.

'' Pilkada serentak pesta demokrasi bagi warga, suksesnya tidak hanya partisipsi masyarakat tetapi sangat tergantung keamanan dan ketertiban selama proses pengamanan,'' kata Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Sehingga ia mengapresiasi Polres Sukabumi yang menggelar sispamkota.

Kusmana meyakini sinergitas semua pihak dalam pengamanan pilkada akan semakin solid. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat baik pemerintah, TNI, Polri, parpol dan komponen masyarakat untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pilkada serentak 2024.

'' Pastikan pilkada berjalan aman, lancar dan damai serta melahirkan pemimpin amanah membawa Kota Sukabumi ke arah lebih baik,'' jelasnya. Dalam momen ini Kusmana berpesan agar meningkatkan kewaspasaan dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang menggangu keamanan dan ketertiban.

Selain itu memperkuat koordinasi yang baik seluruh pihak dalam memastikan kelancaran pilkada. '' Sosialisasikan pilkada tentang pentingnya pilkada untuk memilih pemimpin yang tepat,'' ungkap Kusmana. Berikutnya, hindari hoaks baik di media sosial dan media cetak. Riga Nurul Iman

× Image