Home > Edukasi

Tim Madrasah Sukabumi Tembus Grand Final Lomba Penelitian Sains Nasional

Grand fonal presentasi hasil penelitian serta expo akan digelarpada 4-7 September 2024 di Ternate.
Dua orang pelajar MAN 1 Kota Sukabumi masuk grand final Madrasah Young Researchers Super Camps (MYRES) Tahun 2024.
Dua orang pelajar MAN 1 Kota Sukabumi masuk grand final Madrasah Young Researchers Super Camps (MYRES) Tahun 2024.

SUKABUMI--Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi berhasil masuk grand final atau enam besar proposal hasil penelitian di ajang Madrasah Young Researchers Super Camps (MYRES) Tahun 2024. Dalam lima besar ini hanya ada dua madrasah asal Jawa Barat yang masuk yakni MAN 1 Kota Sukabumi dan MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya.

Seperti diketahui MYRES merupakan sebuah ajang lomba karya tulis ilmiah madrasah berbasis riset bagi siswa MTs dan MA yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah- Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag). Dalam lomba itu pelajar MAN 1 Kota Sukabumi yakni Nurisma Aulani dan Arfi Aulia mengikuti kategori Bidang Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi.

Kedua pelajar membuat riset dengan judul pengembangan polimer super absorben dari tandan kosong kelapa sawit sebagai penyerap polutan pada teknologi air purifier.

'' Syukur alhamdulillah atas pencapaian masuk grand final MYRES nasional,'' ujar salah seorang pelajar MAN 1 Kota Sukabumi yang menjadi peneliti, Nurisma Aulani, Kamis (29/8/2024). Ia menyampaikan terimakasih atas bimbingan dan motivasi kepala madrasah, pembimbimg, dan doa serta dukungan dari guru serta semua sivitas akademika MAN 1 Kota Sukabumi.

Nurisma mengakui sangat antusias dan bangga dapat berpartisipasi dalam kompetisi MYRES. Kompetisi ini memberikannya kesempatan untuk mengeksplorasi potensi diri, mengasah kemampuan dan belajar dari peserta lain yang berbakat.

'' Upaya kami dalam kompetisi MYRES ini telah mempersiapkan diri dengan melakukan penelitian mendalam pada topik yang dipilih dan berkolaborasi dengan tim,'' kata pelajar MAN 1 Kota Sukabumi lainnya yang menjadi peneliti Arfi Aulia. Ia juga memastikan untuk mengikuti setiap tahapan kompetisi dengan serius dan penuh keyakinan.

Harapannya lanjut Arfi, dapat memberikan yang terbaik dalam kompetisi ini, memperoleh pengalaman berharga, dan meningkatkan kemampuan riset. Semoga hasil yang dicapai dapat membanggakan diri, tim, dan madrasah yang diwakili.

'' Alhamdulillah tahun 2024 ini kita bisa lolos sampai tahap Grand Final (6 besar) Nasional di Ternate MYRES bidang matematika, sains dan teknologi,'' ujar Plt Kepala MAN 1 Kota Sukabumi, Rustandi. Sehingga ia menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak terhadap tim MYRES MAN 1 Kota Sukabumi.

Segenap keluarga besar MAN 1 Kota Sukabumi sambung Rustandi memberikan doa dan dukungan kepada peserta didik yang akan berangkat ke Ternate dan presentasi hasil penelitian serta expo pada 4 -7 September 2024. Semoga prestasi terbaik akan diperoleh di Grand Final dan membawa nama harum MAN 1 Kota Sukabumi dan Propinsi Jawa Barat di Tingkat Nasional.

'' Alhamdulillah atas kesempatan yang masih diberikan kepada tim MAN 1 Kota Sukabumi,'' ungkap Guru Pembimbing MAN 1 Kota Sukabumi Viqhi Aswie. Sebagai guru pembimbing mengaku bangga luar biasa kepada anak didiknya yang telah sampai ke tahap ini. Semoga ke depannya masih diberikan semangat untuk mencapai puncak yang lebih tinggi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi Samsul Puad mengatakan, syukur alhamdulillah tim MYRES MAN 1 Kota Sukabumi masuk Grand Final enam besar basional. '' Hal ini sebagai modal melangkah lebih jauh. Tangga prestasi itu tidak ada habisnya, selalu masih ada yang lebih tinggi,'' jelasnya.

Menurutnya, yang diraih sekarang adalah pijakan untuk melompat ke anak tangga selanjutnya. '' Selamat dan saya sangat mengapresiasinya. Sudah mengharumkan nama madrasah, Kantor Kemenag Kota Sukabumi dan Propinsi Jawa Barat,'' cetusnya. Riga Nurul Iman

× Image