Home > Kabar

Antisipasi Gempa Megathrust, BPBD Sukabumi Mitigasi Bencana ke Sekolah

Selain itu dilakukan pula simulasi langkah antisipasi jika terjadi bencana gempa bumi.
Sosialisasi antisipasi gempa megathrust di sekolah Kota Sukabumi.
Sosialisasi antisipasi gempa megathrust di sekolah Kota Sukabumi.

SUKABUMI--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi saat ini tengah gencar melakukan kegiatan mitigasi bencana ke berbagai sekolah. Langkah ini dalam mengantisipasi gempa Megathrust.

Koordinator Lapangan BPBD Kota Sukabumi, Yudi Kristianto, mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran yang diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

'' Dalam kegiatan tersebut, para pelajar dan mahasiswa diberikan wawasan tentang megathrust serta beberapa jenis bencana yang bisa terjadi akibat gempa bumi,'' jelasnya, Selasa (17/9/2024).

Selain itu kata Yudi, dilakukan pula simulasi langkah antisipasi jika terjadi bencana gempa bumi. BPBD Kota Sukabumi menargetkan kegiatan ini bisa dilaksanakan diseluruh lembaga pendidikan.

Intinya lanjut Yudi, sosialisasi dilaksanakan terkait isu Megatrust dan ada instruksi untuk mengantisipasi gempa megathrust di wilayah Jabar. '' Sehingga dalam bebberapa hari melakukan simulasi dan sosialisasi di beberapa sekolah,'' imbuhnya.

Menurut Yudi, sekolah yang sudah digelar sosialisasi yakni SMKN 1 Sukabumi, SMA Adzkia, dan Stikes. Ke depan, sosialisasi akan terus dilakukan. Riga Nurul Iman

× Image