Home > Kabar

Miliki Rumah Permodelan Aman Gempa, PMI Pusat Beri Penghargaan Pemkot Sukabumi

Di Indonesia, hanya ada dua kota yaitu Sukabumi dan Banyuwangi yang memiliki permodelan rumah aman gempa/retrofitting.
Penyerahan penghargaan dari Ketua PMI pusat M Jusuf Kalla kepada Pemkot Sukabumi di Kebumen, Selasa (24/9/2024).
Penyerahan penghargaan dari Ketua PMI pusat M Jusuf Kalla kepada Pemkot Sukabumi di Kebumen, Selasa (24/9/2024).

SUKABUMI--Palang Merah Indonesia (PMI) pusat memberikan penghargaan kepada Pemkot Sukabumi dalam pembinaan pembangunan ketangguhan masyarakat di bidang pengurangan resiko bencana. Sebab, Kota Sukabumi menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki permodelan rumah aman gempa.

Penghargaan PMI pusat diberikan langsung oleh Ketua Umum PMI Pusat M Jusuf Kalla kepada Pemkot Sukabumi yang diwakil Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati di Kebumen Jawa Tengah, Selasa (24/9/2024). Penyerahan penghargaan disampaikan disela-sela kegiatan Latgab dan Bhakti Sibat PMI Tingkat Nasional III di Hutan Kota Wanamukti Kebumen, Jateng.

'' Alhamdulillah, Kota Sukabumi dapat penghargaan atas dukungan dan kontribusi Pemkot Sukabumi dalam pembinaan pembangunan ketangguhan masyarakat,'' ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Rabu (25/9/2024). Khususnya di bidang pengurangan resiko bencana, krisis kesehatan dan pembangunan ketangguhan iklim yang diberikan langsung Ketua Umum PMI Pusat M Jusuf Kalla.

Penghargaan ini kata Kusmana, diberikan karena di Indonesia hanya ada dua kota yaitu Sukabumi dan Banyuwangi yang memiliki permodelan rumah aman gempa/retrofitting. Terlebih, Indonesia adalah satu negara yang di wilayahnya kerap terjadi gempa.

'' Sehingga dengan adanya permodelan rumah aman gempa yang merupakan program perkuatan bagian bagian rumah tentunya jauh lebih aman terhadap ancaman guncangan gempa,'' ungkap Kusmana. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Pemkot Sukabumi khususnya juga untuk PMI Kota Sukabumi untuk terus meningkatkan upaya dalam pembinaan pembangunan ketangguhan masyarakat di berbagai bidang.

Kusmana mengucapkan selamat untuk PMI Kota Sukabumi semoga terus berinovasi untuk aksi kemanusiaan. Harapannya, dengan adanya kolaborasi maka upaya penguatan menghadapi potensi bencana dapat dilakukan dengan baik.

'' Saya mewakili Pemda Kota Sukabumi sekaligus sebagai pengurus PMI, hadir beserta Ketua dan Pengurus PMI Kota Sukabumi, di Acara LatGab dan Bakti Sibat PMI Tingkat Nasional III Tahun 2024,'' ujar Kepala Bidang Yankes, Dinkes Kota Sukabumi Lulis Delawati. Alhamdulillah, dalam momen itu Pemda Kota Sukabumi menerima penghargaan dari Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla.

Hal itu lanjut Lulis, sebagai bentuk terima kasih PMI kepada Pemda Kota Sukabumi atas dukungan dan kontribusinya dalam pembinaan pembangunan ketangguhan masyarakat. Terutama, di bidang pengurangan resiko bencana, krisis kesehatan dan pembangunan ketangguhan iklim di Kota Sukabumi. Riga Nurul Iman

× Image